Pages

Selamat Datang di 4Seal Gates

Wednesday 1 August 2012

Poket Monster


Pokémon

Pokémon (ポケモン Pokemon?, bahasa Inggris adalah salah satu waralabamedia yang dimiliki oleh perusahaan permainan video Nintendo dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada 1995. Pada mulanya, Pokémon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy. Pokémon merupakan permainan video tersukses kedua di dunia setelah serial Mario yang juga diciptakan oleh Nintendo. Sementara bila dibandingkan dengan yang lain, Pokémon merupakan serial waralaba terlaris ketiga di dunia setelah James Bond (karya Ian Fleming) dan Transformers (karya Hasbro), yang masih terus berjalan dan diperbaharui sesuai perjalanan zaman. Waralaba Pokémon sendiri muncul dalam beragam bentuk, yaitu permainan video, anime, manga, trading cards, buku, mainan, dan masih banyak lagi. Waralaba media ini merayakan ulang tahunnya yang ke sepuluh di tanggal 27 Februari 2006. Dan pada 23 April2008, omzet penjualan permainan video Pokémon telah mencapai 180 juta kopi, melebihi penjualan permainan videoTransformers.
Nama Pokémon merupakan nama romanisasi dari nama Jepang "Pocket Monsters" (ポケットモンスター Poketto Monsutā?). Kata "Pokémon", selain merujuk ke waralaba Pokémon itu sendiri, juga merujuk pada 649 spesies fiksi yang muncul dalam semua seri Pokémon. Seperti kata deer dan sheep, penyebutan kata tunggal dan jamak Pokémon dalam bahasa Inggris tidak ada bedanya. Kata Pokémon dalam bahasa Inggris bisa merujuk pada satu Pokémon saja atau lebih dari satu.
Di bulan November 2005, 4Kids Entertainment, yang menjadi distributor Pokémon di luar Jepang mengumumkan bahwa mereka tidak akan memperpanjang kontrak mereka dengan The Pokémon Company Jepang. Sadar bahwa The Pokémon Company Jepang tidak akan sukses bila tanpa bantuan rekan dari luar Jepang, The Pokémon Company Jepang kemudian menciptakan anak perusahaan yang berbasis di Amerika. Perusahaan itu kemudian dikenal dengan nama The Pokémon Company International. Tugasnya adalah menjadi distributor sekaligus pemegang nama lisensi Pokémon untuk kawasan di luar Asia termasuk di Afrika.

Permainan video

Generasi Versi orisinil permainan video Pokémon adalah sebuah RPG Jepang dengan beberapa elemen strategi dan petualangan, dan diciptakan serta ditulis jalan ceritanya oleh Satoshi Tajiri untuk Game Boy, dengan bantuan ilustrasi gambar karakter oleh  Saat ini sudah banyak permainan video beserta sekuel dan remake-nya (termasuk yang dirilis dalam versi Bahasa Inggris) yang beredar di pasaran. Berbeda dengan waralaba-waralaba permainan video RPG yang lain yang banyak berubah-ubah detail permainannya. Pokémon sampai saat ini masih terus mempertahankan konsep orsinilnya. Dimana kita berperan sebagai seorang pelatih, dan kita harus bisa memenangkan gelar Pokémon Master. Semua properti lisensi Pokémon terdaftar dan dimiliki oleh The Pokémon Company (kawasan dan , termasuk dan The Pokémon USA, Inc. (untuk kawasan AS, Amerika Latin, dan termasuk Afrika). Semua permainan video, anime, dan manga selalu diperbaharui oleh pihak Pokémon Company setiap waktu. Dan ini menjadikan Pokémon sebagai satu dari tiga franchise fiksi yang masih terus dikembangkan hingga saat ini selain dan james bond.





Pokémon G5 (era Nintendo DS) (Monochrome Generation)

 

Generasi kelima permainan video Pokémon dimulai pada tahun 2010 dengan diluncurkannyaPokémon Black dan White untuk Nintendo DS (baik NDS Lite maupun DSi).G5 mengambil setting cerita di region Unova. Pokémon baru yang ditambahkan berjumlah 156 spesies (termasuk Pokémon event) dimulai dari Victini dan diakhiri oleh Genesect, dan semakin menambah jumlah spesies Pokémon hingga angka 649 jenis. Pada G5, sudah diperkenalkan sistem siklus musim dan terdapat mode pertarungan triple battle dan rotation battle. Triple battle adalah mode yang memungkinkan pemain bertarung dengan mengeluarkan tiga Pokémon sekaligus. Sedangakan rotation battle hampir mirip dengan triple battle, tetapi hanya Pokémon yang berada di depan saja yang bertarung dan dua Pokémon lainnya hanya berdiri di belakang. Pemain bisa memutar stage bila ingin menukar giliran Pokémon utama dengan salah satu dari dua Pokémon yang menunggu di belakang.
Siklus musim pada permainan juga tidak sama persis dengan dunia nyata, yaitu:


§  Musim semi: Januari, Mei, dan September.
§  Musim panas: Februari, Juni, dan Oktober.
§  Musim gugur: Maret, Juli, dan November.
§  Musim dingin: April, Agustus, dan Desember.
Pada bulan Juni 2012 dikabarkan akan dirilis versi remake dari Pokémon Black dan White yakni Pokémon Black 2 dan White 2 di Jepang, kemudian akan dirilis di luar Jepang pada saat musim gugur 2012. Latar cerita dalam Pokémon Black 2 dan White 2 mengambil masa dua tahun setelah kejadian di Pokémon Black dan White. Banyak sekali perubahan drastis dalam peta maupun fitur lainnya dalam permainan ini termasuk bentuk alternatif dari Kyurem yakni Black Kyurem dan White Kyurem. Lalu, nantinya direncanakan akan dirilis seri permainan video baru Pokémon, yang merupakan versi remake dari seri Pokémon Ruby dan Sapphire, yang berjudul: Pokémon LavaRuby dan OceanSapphire.

0 comments:

Post a Comment

Get this DS| [tutup]